PERSIAPAN MENGHADAPI UJIAN KOMPETENSI NASIONAL KEBIDANAN

MASBABAL.COM - Kompetensi dapat diartikan sebagai gambaran kemampuan dan karakteristik dari setiap orang dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan yang berhubungan dengan kemaslahatan masyarakat. Maka sangat penting sekali seorang tenaga kesehatan khususnya bidan itu memiliki kompetensi sesuai dengan aturan dan standar yang ada sehingga mampu menjalankan tugas dan fungsinya secara profesional.

Persiapan Menghadapi Ujian Kompetensi Kebidanan

Persiapan Menghadapi Ujian Kompetensi Kebidanan

Seorang bidan sebelum mendapatkan surat tanda registrasi (STR) kebidanan wajib mengikuti dan memenuhi berbagai macam persyaratan adalah satu persyaratan yang sangat penting dengan mengikuti ujian kompetensi nasional kebidanan yang nantinya setelah mengikuti ujian tersebut dan di nyatakan kompeten akan mendapatkan sertifikat ujian kompetensi. 

Ujian kompetensi ini adalah salah satu momen yang penting bagi seorang tenaga kesehatan khususnya bidan karena dengan waktu 3 jam pengerjaan soal ini menentukan langkah selanjutnya agar dapat mengikuti yudisium dan wisuda, ini disebabkan karena aturan eksit eksam. Pastikan Anda telah melakukan persiapan semaksimal mungkin dengan baik. 

Oleh karena itu dengan mempelajari buku ini dengan baik dengan memahami setiap pembahasan soal akan membantu Anda untuk lebih siap dan mampu kompeten pada ujian kompetensi nasional yang akan Anda hadapi.

1. Persiapan sebelum ujian Oleh karena itu sebelum Anda mengikuti ujian kompetensi nasional sebaiknya Anda melakukan persiapan-persiapan yang lebih baik, berikut ini persiapan untuk menghadapi ujian kompetensi 

a. Berdoa
Dalam menjalani setiap perjalanan hidup ini hal yang tidak boleh lepas atau terlupakan yaitu dengan berdoa, karena doa adalah kunci dari setiap keinginan dan cita-cita yang kita harapkan, mintalah juga doa dan restu dari orang tua Anda karena dengan mereka mendoakan Anda, maka insyaAllah doa tersebut akan di kabulkan. Berdoa juga harus di sertai dengan kesungguhan, keyakinan dan keteguhan hati bahwa kita akan mampu melewati semua ini dengan menjawab soal-soal dengan baik dan benar dan akan mendapatkan hasil bawa kita akan kompeten. 

b. Sediakan cukup waktu
Dalam menghadapi ujian kompetensi nasional sediakan waktu Anda untuk melakukan persiapan sebaik mungkin, jangan menunda-nunda waktu belajar Anda dengan melakukan aktivitas yang tidak bermanfaat dengan melihat konten-konten yang tidak berkaitan dengan pembahasan soal ujian kompetensi kebidanan, Anda jangan lagi menggunakan sistem kebut semalam seperti kuliah tidak baik di lakukan atau diterapkan harusnya Anda menghindari hal tersebut jika ingin kompeten. Hal yang harus Anda perhatikan bahwa Anda ini adalah seorang calon bidan yang akan memberikan pelayanan untuk kesehatan pasien dan keselamatan pasien maka waktu sangatlah penting. 

c. Berlatih mengerjakan soal-soal kasus ujian kompetensi kebidanan
Latihan mengerjakan soal kasus adalah merupakan salah satu cara untuk memahirkan kita dalam menyelesaikan soal kasus kebidanan, semakin banyak kita latihan maka akan semakin banyak kita tahu, maka semakin besar kemungkinan Anda untuk lulus ujian kompetensi nasional. 

Banyak kegiatan belajar yang dapat Anda lakukan untuk memahami soal-soal kasus kebidanan seperti, belajar mandiri dari buku, belajar kelompok, diskusi dengan teman-teman. 

Ketika Anda merasa kurang pada satu pokok bahasan atau pelajaran maka fokuslah untuk memahami secara mendalam pokok bahasan tersebut, setiap orang punya kelemahan dan kekurangan yang berbeda-beda akan tetapi hal tersebut dapat terselesaikan dengan terus belajar dan melatih kemampuan diri terhadap pokok bahasan yang kita tidak ketahui. 

Hal-hal yang dapat Anda lakukan dan perhatikan ketika berlatih mengerjakan soal sebagai berikut:
  1. Belajar mandiri menjawab soal kasus kebidanan kemudian refleksikan kunci jawaban atau jawaban Anda yang benar dengan referensi atau sumber buku yang relevan.
  2. Pembahasan setiap soal harus di mengerti dan dipahami agar tidak keliru dan bingung ketika mendapat soal yang memiliki keluaran atau data yang hampir sama
  3. Gunakan buku referensi yang relevan jika ada materi yang tidak Anda pahami ulangi materi tersebut
  4. Gunakan pemahaman Anda dengan menghubungkan soal yang muncul dengan referensi untuk menjawab soal tersebut
  5. Hindari menghafal soal, akan tetapi pertanyaan di setiap soal harus di pahami
  6. Lakukan diskusi dengan teman sejawat atau berdiskusi dengan dosen Anda, jika ada yang tidak Anda mengerti agar Anda mendapatkan pemahaman
  7. Perlu bagi Anda untuk mengikuti latihan try out untuk melatih kemampuan Anda dalam menjawab soal ujian kompetensi nasional kebidanan