Materi Informatika Kelas 7 Kurikulum Merdeka akan kami bahas dalam artikel dibawah ini. Link Materi Kelas 7 Mata Pelajaran Informatika dapat diperlajari dibawah ini.
Informatika adalah bidang ilmu mengenai studi, perancangan, dan pembuatan sistem komputasi, serta prinsip-prinsip yang menjadi dasar perancangan tersebut. Landasan berpikir untuk belajar informatika dinamakan berpikir komputasional (computational thinking). Berpikir komputasional ini merupakan suatu kerangka dan proses berpikir yang mencakup perangkat keras, perangkat lunak, dan menalar (reasoning) mengenai sistem dan persoalan.
Moda berpikir (thinking mode) ini didukung dan dilengkapi dengan pengetahuan teoretis dan praktis, serta teknik untuk menganalisis, memodelkan dan menyelesaikan persoalan.
Bidang-bidang pengetahuan infomatika dibagi menjadi: Berpikir Komputasional (BK), Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Sistem Komputer (SK), Jaringan Komputer dan Internet (JKI), Analisis Data (AD), Algoritma dan Pemrograman (AP), Dampak Sosial Informatika (DSI), dan Praktika Lintas Bidang (PLB). Bidang pengetahuan inilah yang akan dipelajari bersama di buku siswa ini. Isi materi setiap bab terdiri atas konsep/materi/teori terkait bidang tadi dan aktivitas-aktivitas yang dapat dilakukan oleh siswa.
Aktivitas ini ada yang individu dan berkelompok. Aktivitas ini juga ada plugged (membutuhkan komputer) dan unplugged (tidak memerlukan komputer). Harapannya siswa dapat memahami konsep dan implementasi informatika dengan lebih baik dan bermakna.
Materi dan aktivitas yang disampaikan sudah disesuaikan dengan kebutuhan siswa kelas VII dan dikemas dalam bentuk yang menarik.
Materi Informatika Kelas 7 Kurikulum Merdeka
Bab 1 Informatika dan Keterampilan Generik
A. Informatika untuk Pelajar SMP
1. Apa dan Mengapa Perlu Belajar Informatika?
2. Apa yang akan Dipelajari dalam Mata Pelajaran Informatika?
3. Informatika dan Profil Pelajar Pancasila
B. Pengantar Keterampilan Generik
1. Bekerja dalam Kelompok
2. Mengomunikasikan Hasil Kerja
Baca Selengkapnya : 📂 Materi Informatika dan Keterampilan Generik
Bab 2 Berpikir Komputasional
Apa Itu Berpikir Komputasional?
A. Algoritma
B. Optimasi Penjadwalan
C. Struktur Data
D. Representasi Data
Baca Selengkapnya : 📂 Berpikir Komputasional
Bab 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi
A. Pengenalan Antarmuka Pengguna
B. Folder dan File
1. Ekstensi File
2. Pengelolaan Folder
3. Pengelolaan File dengan Sistem Operasi Microsoft Windows
C. Peramban dan Search Engine
D. Surel
E. Aplikasi Perkantoran
1. Sejarah Perangkat Lunak Pengolah Kata
2. Pengolah Kata Mekanis
3. Pengolah Kata Elektromekanis dan Elektronik
4. Perangkat Lunak Pengolah Kata
Baca Selengkapnya : 📂 Teknologi Informasi dan Komunikasi
Bab 4 Sistem Komputer
Pengantar Sistem Komputer
A. Perangkat Keras - Hardware
1. Perangkat Masukan (Input Devices)
2. Pemroses
3. Alat Output (Output Devices)
4. Peranti Penyimpanan Sekunder (Secondary Storage Device)
5. Peranti Lainnya
6. Spesifikasi Perangkat Keras
B. Perangkat Lunak - Software
1. Sistem Operasi (Operating System)
2. Program Aplikasi
C. Interaksi Antarperangkat
Closed-Circuit Television (CCTV)
D. Permasalahan dan Spesifikasi Perangkat Keras
E. Bilangan Biner
1. Mesin Fax dan Modem
2. Menghitung lebih dari 31
3. Lebih Lanjut tentang Bilangan Biner
Baca Selengkapnya : 📂 Sistem Komputer
Bab 5 Jaringan Komputer dan Internet
A. Pengantar Jaringan Komputer dan Internet World Wide Web (www)
B. Koneksi Internet
1. Wireless LAN (Wi-Fi)
2. Tethering
C. Proteksi Data dan File
1. Cara Kerja Enkripsi
2. Caesar’s Cipher
Baca Selengkapnya : 📂 Jaringan Komputer dan Internet
Bab 6 Analisis Data
A. Mengenal Data
1. Apa itu Data?
2. Satuan Ukuran Data
3. Apa itu Analisis Data?
4. Apa itu Interpretasi Data?
5. Mengapa Perlu Analisis Data?
6. Kegiatan Apa yang akan Kalian Lakukan Terkait Analisis Data?
B. Perkakas Pengolah Lembar Kerja
1. Mengenal Perkakas
2. Worksheets
3. Freeze Panes
4. Cell References
5. Format Cells
C. Pengolahan Data Dasar
1. Fungsi Dasar
2. Fungsi Statistik Dasar
3. Logical Function
D Pengolahan Data Lanjutan
1. Sort
2. Filter
3. Data Validation
4. Share and Protect
E. Kasus Analisis Data Unplugged
Baca Selengkapnya : 📂 Analisis Data
Bab 7 Algoritma dan Pemrograman
A.Pemrograman
1. Mengapa Perlu Belajar Programming?
2. Bagaimana Belajar Programming?
3. Scratch
4. Membuat Akun
5. Mengenal “Universe” Scratch
B. Eksplorasi Fungsi Dasar
C. Robot Manual
Baca Selengkapnya: 📂Algoritma dan Pemrograman
Bab 8 Dampak Sosial Informatika
A. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi
1. Pengaruh TIK terhadap Kehidupan Masyarakat
2. Dampak Positif dan Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi
B. Kolaborasi di Dunia Maya
C. Media Sosial
D. Informasi Pribadi dan Hukum Privasi
1. Hukum Privasi
2. Persetujuan yang Diinformasikan
Baca Selengkapnya: 📂 Dampak Sosial Informatika
Bab 9 Praktika Lintas Bidang Informatika
A. Pengembangan Artefak Komputasional
1. Starter Makey Makey: Bermain dengan Alat
2. Pengembangan Synthesizer dengan Media Air dan Makey Makey
B. Aktivitas Unplugged: Bermain Strategi
Baca Selengkapnya: 📂 Praktika Lintas Bidang Informatika