Materi BAB 1 Tentang Informatika dan Keterampilan Generik
Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, kalian memahami pentingnya informatika, dan
memahami keterampilan generik (generic skill) untuk kolaborasi, merencanakan
pekerjaan, dan mengomunikasikan hasil pekerjaan dengan efektif dan menarik.
Pertanyaan Pemantik
Kapan terakhir kali kalian bekerja dalam kelompok untuk menyelesaikan
pekerjaan tertentu? Apakah berjalan dengan efektif ?
Apersepsi
Kalian mungkin banyak yang pernah menggunakan aplikasi atau game pada
smartphone? Menarik, bukan? Nah, aplikasi atau game adalah salah produk yang
dihasilkan dengan ilmu yang disebut Informatika. Pengembangan produk yang
kompleks perlu kolaborasi tim yang baik agar efektif dan hasilnya sesuai
dengan keinginan. Selain itu, juga diperlukan perencanaan dan
pengkomunikasian hasil kepada pengguna dengan baik.
Kata Kunci
Informatika, bidang pengetahuan, generic skills, berkerja dalam kelompok,
merencanakan kerja, mengomunikasikan hasil kerja, presentasi, infograis.
Apa dan Mengapa Perlu Belajar Informatika?
Informatika adalah bidang ilmu mengenai studi, perancangan, dan pembuatan
sistem komputasi, serta prinsip-prinsip yang menjadi dasar perancangan
tersebut. Komputasi adalah ilmu yang berkaitan dengan pemodelan matematika
dan penggunaan komputer untuk menyelesaikan masalah-masalah sains.
Istilah informatika sepadan dengan istilah dalam bahasa Inggris informatics,
computing, atau computer science. Informatika mencakup pemodelan dari
komputasi dan aplikasinya dalam pengembangan Sistem Komputer. Apa itu
komputasi? Menurut KBBI, komputasi adalah: (1) penghitungan dengan
menggunakan komputer; (2) dalam matematika, penghitungan dengan menggunakan
bilangan-bilangan atau peubah-peubah yang dilaksanakan berdasarkan urutan
langkah yang diberikan.
Landasan berpikir untuk belajar Informatika dinamakan berpikir komputasional
(computational thinking). Berpikir komputasional ini merupakan suatu
kerangka dan proses berpikir yang mencakup perangkat keras, perangkat lunak,
dan menalar (reasoning) mengenai sistem dan persoalan. Moda berpikir
(thinking mode) ini didukung dan dilengkapi dengan pengetahuan teoretis dan
praktis, serta teknik untuk menganalisis, memodelkan, dan menyelesaikan
persoalan. Siswa yang belajar informatika akan mendalami bagaimana suatu
“sistem komputasional” berfungsi, baik yang mengandung komputer maupun
tidak.
Apa yang akan Dipelajari dalam Mata Pelajaran Informatika?
Informatika mencakup aspek teoretis dan praktis, mendorong kalian untuk
mengembangkan daya pikir kritis dan kreatif untuk menghasilkan penemuan
(invention) terkait komputer dan sistem komputasi. Kalian diharapkan mampu
mengaplikasikan prinsip-prinsip ilmiah yang dipelajarinya untuk memahami
dunia nyata, kemudian menciptakan perangkat keras dan perangkat lunak yang
memudahkan kehidupan.
Dengan mengombinasikan prinsip, praktik, dan penemuan (principles, practice,
and invention), kalian akan menjadi kreatif dan merasakan manfaatnya. Karena
tidak hanya teoretis, penerapan informatika akan memberikan “surprise”, baik
karena akan berefek bahwa produk menghasilkan sesuatu yang dapat diamati dan
berfungsi dengan baik secara intelektual, bahkan dapat memunculkan seni
keindahan (“that is so beautiful”).