Materi Informatika Kelas 7 Tentang Algoritma dan Pemrograman akan membahas
tentang:
A.Pemrograman
1. Mengapa Perlu Belajar Programming?
2. Bagaimana Belajar Programming?
3. Scratch
4. Membuat Akun
5. Mengenal “Universe” Scratch
B. Eksplorasi Fungsi Dasar
C. Robot Manual
Tujuan Pembelajaran, Pertanyaan Pemantik, Apersepsi dan Kata Kunci Materi Algoritma dan Pemrograman
Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, kalian akan mampu menjelaskan lingkungan
pemrograman blok/visual dan membuat atau memodiikasi program blok untuk
tujuan tertentu sesuai contoh.
Pertanyaan Pemantik
Makin banyak sistem/aplikasi/games/program yang digunakan oleh orang pada
umumnya. Bagaimana membuat semuanya itu? Video inpirasi:
https://Scratch.mit.edu/projects/editor/?tutorial=getStarted
Apersepsi
Dengan teknologi yang makin maju, makin banyak pula sistem/aplikasi/
program yang digunakan untuk membantu masyarakat. Setiap sistem tersebut
dapat dibuat dan dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman tertentu.
Walaupun bahasanya berbeda, cara berpikir atau algoritmanya akan tetap
sama. Sebagai langkah awal, kalian akan memulai dengan mempelajari
pemrograman visual. Salah satu contoh pemrograman visual yang dapat
digunakan adalah “Scratch”.
Kata Kunci
Pemrograman Visual; Algoritma; Pemrograman; Scratch
Ringkasan Materi Algoritma dan Pemrograman
Algoritma adalah urutan langkah yang dibuat untuk menyelesaikan tugas
tertentu. Salah satu contoh sederhana algoritma adalah langkah untuk membeli
tiket bioskop secara langsung. Langkahnya, yaitu: kalian perlu menuju
bioskop, memilih ilm yang ingin ditonton dan jadwalnya, lalu antre di loket
tiket, lalu memilih posisi kursi bioskop beserta jumlah tiketnya, membayar
total tiket, dan tiket diterima dari pegawai.
Algoritma dibuat untuk dapat dipahami oleh manusia dan juga komputer.
Algoritma akan diterjemahkan menjadi kode program untuk memberikan urutan
instruksi pada perangkat komputer. Algoritma dan pemrograman yang mengatur
jalannya sistem komputer, membawa masyarakat berkomunikasi dengan cara yang
baru dan membantu menyelesaikan beberapa masalah lainnya. Proses untuk
membuat program yang eisien dan efektif memerlukan pemilihan informasi yang
tepat untuk digunakan, bagaimana memproses dan menyimpannya, menyelesaikan
permasalahan besar menjadi kasus yang lebih kecil, mengombinasikan
solusi-solusi yang sudah ada sebelumnya, dan mencoba analisis solusi baru
lainnya.
Mengapa Perlu Belajar Programming?
Belajar programming (di dalamnya mencakup coding) diperlukan bukan hanya
untuk menjadi programmer (penulis program profesional). Programming
diperlukan dalam bidang apa pun, seperti halnya siapa pun perlu menulis.
Bagaimana Belajar Programming?
Pertama-tama, kalian akan dikenalkan dengan lingkungan pemrograman yang akan
dipakai. Pengenalan lingkungan pemrograman itu bisa langsung dari internet
secara online, dengan komputer atau gawai yang sudah disiapkan, atau tanpa
komputer. Memang, akan lebih asyik jika ada komputer karena kalian akan
bermain blok dan membuatnya bisa berperilaku seperti yang kalian rancang
dalam programnya (susunan bloknya). Jika tidak ada komputer, guru kalian
akan mengatur menjadi permainan, di mana ada sebagian siswa yang akan
menjalankan perintah seolah-olah dia adalah komputernya. Blok akan disusun
dalam bentuk kartu yang secara keseluruhan akan membentuk sebuah program,
yaitu “skenario” tindakan yang akan dieksekusi (dijalankan).