Download
Lengkap Soal PPG Daljab pdf Tahun 2022
Soal Pretest PPG Daljab 2022 Seni Budaya
1. Musik merupakan salah satu unsur pendukung dalam tari, karena.....,
A. kecuali Melalui musik sebagai iringan tari ini pula pesan atau makna
gerak yang ingin disampaikan akan lebih komunikatif, sehingga tari tersebut
mempunyai jiwa atau roh dalam pengungkapannya.
B. Menjadi iringan dalam tari dapat dilihat dari tujuan atau pesan yang
ingin disampaikan dalam tari
C. Sebagai pendukung suasana, apabila tari tersebut memiliki tema tetentu,
misalnya tema percintaan, kematian, yang iringannya harus dibuat sedemikian
rupa agar penonton memiliki perasaan yang mendukung terhadap tema tersebut.
✅
D. Pendukung suasana dan pembuat ilustrasi tari. Fungsi iringan tari sebagai
pengiring tari dapat dilhat dari tari-tari tradisi atau kreasi yang sudah
berkembang.
E. Musik dan tari memiliki pesan atau makna masing masing yang ingin
disampaikan akan lebih komunikatif, sehingga tari tersebut mempunyai jiwa
atau roh dalam pengungkapannya.
2. Manakah pernyataan yang salah tentang tari klasik adalah:
A. Tari yang semula tumbuh dan berkembang di istana dalam kalangan raja dan
bangsawan
B. mencapai kristalisasi artistik yang tinggi dan telah pula menempuh
perjalanan sejarah yang cukup panjang, sehingga memiliki nilai tradisi .
C. Bentuk tari klasik mencerminkan masyarakat istana yang mempunyai tata
kehidupan teratur, sehingga ciri koreografinya terpola oleh aturan – aturan
yang standar dan sangat baku.
D. Contoh tari klasik tari Bedhaya dan tari merak dari istana Surakarta
maupun istana Yogyakarta, tari Legong Kraton dari Bali (Soedarsono, 1992:
101-107). ✅
E. Ballet adalah contoh tari klasik dari Eropa, tumbuh dan berkembang di
Italia, Perancis, Jerman dan menyebar sampai ke Rusia.
3. Gerak tari yang dominan terdapat pada tari tradisional kerakyatan yang
bertema keprajuritan adalah:
A. Gerak indah
B. Gerak maknawi ✅
C. Gerak ekspresif
D. Gerak representasional
E. Gerak murni
4. Dibawah ini adalah contoh tari tradisional tema dramatik kecuali:
A. Tari Golek dari Jawa Tengah dan tari Topeng dari Cirebon.
B. Tari Oleg Tambulilingan dari Bali.
C. Wayang Wong dari Jawa Tengah dan Jogjakarta, Langendriyan dari
Mangkunegaran Jawa Tengah,
D. Langen Mandrawanara dari Jogjakarta, Sendratari Ramayana di kompleks
candi Prambanan, Arje (Bali) dan Mak Yong (Riau).
E. Tari Pendet dari Bali, Joged dari Bali, tari Tayub ✅
5. Tari kreasi baru, tari modern, tari postmodern dan tari kontemporer
merupakan,..... kecuali.....
A. Jenis tari non tradisional
B. Tari yang tumbuh dan berkembang di kalangan masyarakat yang tidak taat
kepada pola hidup dan kebiasaan turun-temurun dan memiliki pola hidup
berciri modern.
C. Merupakan bentuk tari yang tidak taat kepada kaidah tari tradisional
D. Tari yang tumbuh dan berkembang di kalangan masyarakat yang taat kepada
pola hidup dan kebiasaan turun-temurun dan memiliki pola hidup berciri
modern. ✅
E. pola dan unsur-unsur tari tradisional masih jelas terlihat, namun
dibagian-bagian tertentu diberi bentuk baru.
6. Kegiatan menafsirkan makna dari simbol tari pada pembelajaran Seni
Budaya bidang tari dapat meningkatkan
A. kepekaan estetik dalam diri siswa
B. kemampuan berpikir kritis ✅
C. kemampuan berpikir analitis
D. kemampuan perseptual
E. kemampuan menemukan persoalan tari
7. Strategi pembelajaran, agar siswa memiliki kesadaran terhadap
nilai-nilai yang terkandung di dalam tari
A. Mengamati, menjelaskan, menganalisis, menginterpretasi, dan mengevaluasi
tari
B. Mengamati, menganalisis, menginterpretasi, dan mengevaluasi tari ✅
C. Menjelaskan, mengamati, menganalisis, menginterpretasi dan mengevaluasi
tari
D. Menjelaskan, mengamati, menganalisis, menginterpretasi dan tari
E. Menganalisis, menjelaskan, mengevalusi dan menginterpretasi tari
8. Cara untuk melatih daya cipta siswa melalui pembelajaran tari
adalah
A. Melaksanakan proses kegiatan penciptaan tari. ✅
B. Melaksanakan kegiatan apresiasi tari
C. Melaksanakan kegiatan menari
D. Menemukan masalah dalam tari
E. Melihat tari dan menari
9. Jenis tari tradisional yang tergolong dalam tari komunal pada
masyarakat di luar istana yang penyelenggaraannya dilakukan secara spontan
adalah :
A. Tari Gandrung
B. Tari Jaran Kepang ✅
C. Tari Janger
D. Tari Bedaya
E. Tari Saman
10. ditinjau dari bentuk koreografinya, Tari Bedaya ini digolongkan ke
dalam tari yang berkembang di kalangan istana dikategorikan kalam koreografi
:
A. Komunal
B. Klasik ✅
C. Primitive
D. Kerakyatan
E. Non-tradisonal
11. Salah satu tari tradisional yang hanya dapat ditarikan oleh penari
wanita dan dalam keadaan suci, antara lain, yang fungsinya sebagai bagian
dari upacara adat adalah:
A. Tari Oleg Tambulilingan
B. Tari Tayub
C. Tari Sintren ✅
D. Tari Ketuk Tilu
E. Tari Pendet
12. Ciri tari modern yang pertama adalah gaya individu koreografer tampil
kuat dalam karya tarinya. Ciri yang kurang tepat adalah.....
A. didasari oleh pemikiran modernisme yang ditandai dengan ciri pemikiran
yang logis untuk memperoleh pengetahuan yang objektif, teoritis dan
analitis. ✅
B. Karya seni dianggap sebagai kreasi unik dari seniman. Seniman adalah
orang-orang yang serius dalam memproduksi karya seni, karya seni tidak lagi
dianggap memiliki satu makna yang unik, sehingga setiap orang dapat
memberikan makna sendiri terhadap karya seni.
C. Implikasi dari pemikiran modernisme tersebut dalam konteks tari adalah
tari tidak lagi hasil produksi masyarakat yang besifat komunal seperti dalam
tari tradisional, tetapi tari merupakan hasil kreasi dari individu
koregrafer, sehingga menampilkan gaya individu sangat penting.
D. Koreografer bebas memberikan makna terhadap segala sesuatu yang menjadi
sumber ide tarinya dan penonton bebas memberikan makna
terhadap tari yang dilihat karena tidak lagi terikat oleh satu makna yang
unik seperti dalam tari tradional.
E. Kebebasan kurang memberikan makna itulah esensi dari ciri tari modern
yang selama ini disebut dengan tari yang mementingkan kebebasan.
13. Pada tari tradisional, setiap daerah mempunyai keunikan gerak yang
mendasari ciri tari daerah, salah satunya adalah ragam gerak kaki. Bentuk
ragam gerak kaki pada tari Daerah Jawa antara lain :
A. nyereksek
B. Kicat ✅
C. Keupat
D. Melenting
E. Pacak gulu
14. Sedangkan nama ragam gerak tangan pada tari Bali sebagai ragam gerak
pokok, antara lain :
A. Sabetan,
B. Cindhek, srisik,
C. Nyeledet
D. Agem ✅
E. Senandung
15. Musik di dalam tari terdiri dari dua konsep, yaitu musik internal dan
musik eksternal. Yang dikategorikan dalam musik internal adalah :
A. musik tradisi
B. Apresiasi, kreasi, ekspresi
C. tepukan tangan penari
D. gerak, waktu, dan tenaga
E. Aksi, Eksplorasi, Ekspresi ✅
16. Ruang penari untuk gerak tari putri dan tari putra berbeda pada…
A. Kualitas gerak ✅
B. Keindahan gerak
C. Volume gerak
D. Dinamika gerak
E. Intensitas Gerak
17. Tari merupakan unsur gerak yang harus memperhatikan ruang, waktu dan
tenaga. Apabila gerak tersebut dilakukan dengan hitungan 1-4, dilanjutkan
hitungan 1-8, dan diakhiri hitungan 1-2. Adanya perubahan hitungan yang
berpengaruh terhadap waktu gerak, maka akan menimbukan gerak yang
memiliki…
A. Ruang
B. Waktu ✅
C. Tenaga
D. Dinamika
E. Estetika
18. Pada saat melakukan gerak ukel hitungan 1 – 4 dengan hitungan 1 – 8,
perbedaannya dapat dilihat dari sisi:
A. teknik saat melakukan gerak
B. ekspresi saat bergerak
C. irama dalam melakukan gerak ✅
D. waktu yang dibutuhkan dalam
E. Hitungan dalam melakukan gerak
19. Wirama merupakan unsur penyelaras yang akan memberi kekuatan pada
sebuah tarian. Di bawah ini konsep wirama pada tari berpasangan:
A. Memperhatikan pada bentuk sikap dan gerak tari berpasangan yang sesuai
dengan konsep koreografi
B. Memperhatikan bentuk gerak dan ruang tari berpasangan yang sesuai dengan
konsep koreografi
C. Memperhatikan bentuk gerak dan irama tari berpasangan yang sesuai dengan
konsep koreografi ✅
D. Memperhatikan bentuk motif dan gerak dari tari berpasangan yang sesuai
dengan konsep koreografi
E. Memperhatikan gerak murni dan gerak maknawi
20. Pernyatan yang benar dalam menggunakan unsur tenaga dalam bentuk
penyajian tari tunggal:
A. bebas sesuai dengan kemampuan para penari
B. sesuai dengan jenis karakter dari koreografi tarian ✅
C. adaptasi pada busana dan ketebalan riasan wajah
D. disesuaikan dengan kebutuhan koregrafer dan penonton
E. Disesuaikan dengan kebutuhan penonton
21. Menyodorkan masalah kepada peserta didik untuk dipecahkan secara
individu atau kelompok :
A. Model Pembelajaran Inkuiri
B. Model Pembelajaran Kooperatif
C. Model Pembelajaran Berbasis Masalah ✅
D. Model Pembelajaran Terpadu
E. Model Pembelajaran PAIKEM
22. Rangkaian kegiatan belajar yang dilakukan oleh siswa dalam
kelompok-kelompok tertentu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah
dirumuskan :
A. Model Pembelajaran Inkuiri
B. Model Pembelajaran Kooperatif ✅
C. Model Pembelajaran Berbasis Masalah
D. Model Pembelajaran Terpadu
E. Model Pembelajaran PAIKEM
23. Empat unsur penting dalam model pembelajaran kooperatif, kecuali :
A. adanya peserta dalam kelompok
B. adanya aturan kelompok
C. adanya upaya belajar
D. adanya tujuan yang harus dicapai
E. adanya media belajar yang wajib dipakai ✅
24. Segala sesuatu yang menjadi kesepakatan semua pihak yang terlibat,
baik siswa sebagai peserta didik, maupun siswa sebagai anggota kelompok.
Misalnya, aturan tentang pembagian tugas setiap anggota kelompok, waktu
dan tempat pelaksanaan, dan lain sebagainya merupakan :
A. Adanya peserta dalam kelompok
B. Adanya aturan kelompok ✅
C. Adanya upaya belajar
D. Adanya tujuan yang harus dicapai
E. Adanya media belajar yang wajib dipakai
25. Kegiatan menafsirkan makna dari simbol tari dapat meningkatkan
A. kemampuan berpikir kritis ✅
B. kemampuan berpikir analitis
C. kepekaan estetik dalam diri siswa
D. kemampuan perseptual
E. kemampuan menemukan persoalan tari
26. Gerak tari yang dominan dalam tari tradisional adalah:
A. Gerak indah
B. Gerak maknawi ✅
C. Gerak ekspresif
D. Gerak representasional
E. Gerak murni
27. Tari yang mempunyai ciri kekinian
A. Kreasi baru
B. Modern
C. Postmodern
D. Kontemporer ✅
E. Kolaborasi
28. Pada penyajian tari akan lebih menarik untuk disaksikan apabila
didukung oleh tata busana yang baik. Oleh karena itu di dalam penataan dan
penggunaan busana tari hendaknya senantiasa mempertimbangkan hal hal
sebagai berikut, kecuali....:
A. Busana tari hendaknya enak dipakai dan sedap dilihat oleh penonton
B. Busana selalu mempertimbangkan isi/tema sehingga dapat menghadirkan suatu
kesatuan antara tari dan tata busana
C. Penataan busana tidak perlu mempertimbangkan imajinasi penonton tapi
lebing kepada imajinasi penarinya ✅
D. Desain busana harus memperhatikan gerak tari, agar tidak mengganggu
penari saat bergerak.
E. Busana sebaiknya dapat memberi gambaran atau karakter kepada penarinya
29. Model pembelajaran inkuiri sosial termasuk pada rumpun model
A. Pemrosesan informasi
B. prilaku
C. interaksi sosial ✅
D. personal/individu
E. behavioristik
30. Prinsip-prinsip Model Pembelajaran Kooperatif : Dibawah ini terdapat
empat prinsip dasar pembelajaran kooperatif, kecuali........
A. Prinsip Ketergantungan Positif, Untuk terciptanya kelompok kerja yang
efektif, setiap anggota kelompok masing-masing perlu membagi tugas sesuai
dengan tujuan kelompoknya
B. Tanggung Jawab Perseorangan, prinsip ini merupakan konsekuensi dari
prinsip yang pertama. Oleh karena keberhasilan kelompok tergantung pada
setiap anggotanya, maka setiap anggota kelompok harus memiliki tanggung
jawab sesuai dengan tugasnya.
C. Interaksi Tatap Muka, pembelajaran kooperatif memberi ruang dan
kesempatan yang luas kepada setiap anggota kelompok untuk bertatap muka
sating memberikan
D. Kemampuan memecahkan dan meneliti permasalahan individu, penting
dimunculkan untuk memnberikan kemampuan optimal dalam memecahkan masalah ✅
E. Partisipasi dan Komunikasi, pembelajaran kooperatif melatih siswa untuk
dapat mampu berpartistpasi aktif dan berkomunikasi.