Download Soal Pretest Seni Budaya PPG
💗Petunjuk:
Bacalah Soal dibawah ini dan Pilihlah salah satu jawaban yang dianggap
paling benar sebelum Melihat Kunci Jawaban Paling bawah.
1. Salah satu prosedur membuat naskah yang merupakan jalinan cerita dari
awal sampai akhir adalah....
A. merancang plot
B. menentukan tema
C. menentukan karakter
D. membuat dialog-dialog
E. menentuklan setting
2. Teater modern ditandai dengan penggunaan panggung pertunjukan
Proscenium. Panggung proscenium adalah....
A. panggung di dalam gedung
B. panggung dengan karakteristik keakraban
C. panggung tanpa jarak
D. panggung dengan peninggian buat pemain
E. panggung yang berjarak antara penonton dan penampilan serta hanya dapat
dinikmati dalam satu arah pandangan
3. Perhatikan gambar teater tradisional di bawah ini.
Teater tradisional mempunyai keunikan dan ciri khas dalam perwujudannya. Dibawah ini merupakan ciri-ciri teater tradisional, kecuali....
a. cerita tanpa naskah dan digarap berdasarkan peristiwa sejarah, dongeng,
mitologi atau kehidupan sehari-hari
b. penyajian dengan dialog, tarian dan nyanyian gaya opera
c. nilai dan laku dramatik dilakukan secara terencana sistematis
d. penonton yang menyaksikan pertunjukan harus bayar
e. mempergunakan bahasa tubuh
4. Teater berasal dari kata Theatron (Yunani) yang artinya tempat
pertunjukan, ada juga yang mengartikan gedung pertunjukan, juga yang
mengartikan panggung (Stage). Dalam arti luas teater adalah segala
tontonon yang dipertunjukan di depan banyak orang. Istilah teater dalam
arti sempit adalah....
a. tempat pertunjukan khusus
b. kisah seorang yang berjasa
c. kisah hidup manusia yang ditampilkan di atas pentas
d. kisah manusia yang terhimpit masalah besar
e. gedung yang menampilkan naskah drama
5. Latihan dasar akting yang pertama adalah melakukan latihan yang
dikenal dengan istilah olah tubuh. Tujuan utama seorang aktor melakukan
latihan olah tubuh adalah....
a. Supaya berprestasi
b. Agar bisa bergaya
c. Untuk kesehatan jasmani
d. Untuk kekuatan dan fleksibilas tubuh
e. Supaya tampil menarik
6. Naskah lakon merupakan gambaran kejadian yang terjadi di masyarakat,
elemen pokok dari naskah lakon adalah....
a. dialog
b. masalah
c. konflik
d. peristiwa
e. aside
7. Didalam sebuah naskah ada pembagian yang sering dilakukan, pembagian
itu disebut dengan:
a. plot
b. adegan
c. babak
d. episode
e. sekuen
8. Jenis naskah bisa dibagi menjadi dua, yaitu....
a. romantik dan episodik
b. tragedi dan bahagia
c. komedi dan badutan
d. tragedi dan komedi
e. komedi dan satire
9. Tokoh dalam memainkan karakter bisa dianalisis dari apa yang terlihat,
atau bisa disebut....
a. psikologis
b. biologis
c. fisikologis
d. sosiologis
e. antagonis
10. Tokoh yang mencerminkan sifat pemarah bisa dianalisis melalui
ilmu....
a. psikologis
b. biologis
c. fisikologis
d. sosiologis
e. ekologis
11. Estetika teater tradisional didasarkan pada empat komponen
pembentuknya, yaitu....
a. tarian, kostum masa kini, musik menggelegar, dan cerita lucu
b. tari, nyanyian beserta musik pengiringnya, lawak (dagelan), dan dialog
atau percakapan yang sebagian juga disertai dengan bentuk pantun maupun
parikan
c. pelawak, aktor, juragan, dan panjak
d. romantisme, realisme, naturalisme, dan aburdisme
e. 4 orang aktor
12. Romantisme merupakan gerakan yang berawal dari penolakan
terhadap....
a. klasisisme dan neoklasisme
b. realisme
c. naturalisme
d. orde baru
e. absurd
13. Naskah berikut yang bergenre tragedi adalah:
a. Dhemit karya Heru Kesawa Murti
b. Nyonya-Nyonya karya Wisran Hadi
c. Antigone karya Sopokhles
d. Anu karya Putu Wijaya
e. Rhinoceros (Badak-Badak) karya Eugene Ionescu
14. Contoh teater yang tidak lagi menggunakan narasi dan verbalisasi
adalah....
a. teater realis
b. teater eksperimental
c. teater sosial
d. teater tradisional
e. teater lingkungan
15. Drama pendidikan dan teater pendidikan (kini muncul gejala
post-pedagogik yang lebih transparan dalam memandang kenyataan
kemanusiaan) diharapkan dapat menjadi salah satu jawaban....
a. distribusi teater
b. penggerak teater
c. dalam pengembangan teater pendidikan di indonesia.
d. mendorong teater realis
e. penggerak kebudayaan
16. Drama musikal atau disebut juga teater musikal adalah bentuk ekspresi
seni yang berkolaborasi antara musik, perilaku, gerakan dan tarian, yang
menggambarkan sebuah cerita yang dikemas dengan koreografi dan dengan
sistem musik yang apik, drama musikal dikenal juga dengan istilah....
a. musical play
b. dramatic musical
c. opera musical
d. dramatic play
e. dramatic operete
17. Melalui kata-kata, musik, gerakan dan aspek teknis dari hiburan yang
dikombinasikan secara keseluruhan dalam drama musikal ditujukan untuk
mengomunikasikan....
a. faktor social tokoh
b. faktor keinginan tokoh protagonis
c. faktor emosional, humor, cinta, dan kemarahan
d. faktor permasalahan tokoh dengan sosialnya
e. faktor lain di luar pertunjukan yang direspon sutradara
18. Berikut ini yang merupakan ciri dari teater musikal adalah :
a. Sebagai pelengkap upacara untuk saat-saat tertentu dalam siklus waktu
b. Mementaskan kehidupan melalui dialog, musik, tarian, dan hiburan
c. Dipertunjukkan untuk menyenangkan penonton maupun pelaku teater itu
sendiri
d. Merekam berbagai hal sehingga dapat dikatakan sebagai dokumen
e. Bentuk penolakan dari konvensi teater konvensional
19. Perkembangan jenis pementasan drama musikal yang sangat populer di
kalangan remaja dan merupakan jenis opera ringan, dengan durasi pementasan
lebih pendek, dikenal dengan istilah....
a. pantomim
b. opera sabun
c. opera peking
d. operete
e. opera jawa
20. Berikut ini adalah gambar gerak nonteatrikal dan gerak teatrikan.
Perbedaan yang sangat mencolok gerak nonteatrikal dari gerak teatrikal
adalah....
a. gerak keseharian
b. gerak sesuai peran
c. gerak sesuai tuntutan naskah
d. gerak dalam sebuah pementasan
e. gerak sesuai arah sutradara
21. Salah-satu gaya modern di mana perasaan-perasaan atau respons-respons
jiwa yang bersifat subjektif terhadap subjek/objek yang diapresiasi
seniman pencipta, menjadi objek ungkapan seniman pencipta adalah jenis
teater....
a. realisme
b. naturalisme
c. eksistensialime
d. dadaisme
e. ekspresionisme
22. Ludruk merupakan salah satu teater tradisinal yang memiliki rangkaian
pertunjukan yang dibuka dengan tari remo, lawakan dan lakon dalam
pertunjukan, asal usul teater tradisi ludruk berasal dari Jawatimur
tepatnya kota...
a. Jombang
b. Mojokero
c. Surabaya
d. Sidoarjo
e. Gresik
23. Empati adalah kemampuan untuk melihat situasi dari perspektif orang
lain. Ini melibatkan sudut pandang, emosi, dan kesulitan yang dialami
seseorang. Empati merupakan bagian dari....
a. Estetika
b. Etika
c. Nilai
d. Budaya
e. Kritik
24. Muncul di era 1950-an dengan identitas yang beracam-macam, mulai dari
teater gerak, teater tubuh, teater miskin, teater esensi, teater
biomekanik, teater kacau hingga teater postdramatik merupakan
teater....
a. Teater tradisi
b. Teater modern
c. Teater kontemporer
d. Pantomime
e. Opera
25. Naskah teater adalah unsur penting dalam proses produksi teater yang
harus di analisis oleh sutradara. Elemen pokok dalam naskah adalah....
a. Plot
b. Alur
c. Tema
d. Tokoh
e. Konflik
26. Bentuk pertunjukan perpaduan gerakan tarian pola silat dan cerita
yang bersumber dari tradisi Bakaba. Lagu gurindam dan penyampaian liris
kaba diiringi alat musik rabab, salung, dan kecapi khas pertunjukan....
a. Randai
b. Dul muluk
c. Lenong
d. Ludruk
e. Mamanda
27. teater yang menampilkan tanda-tandadan permasalahan kekinian atau
masa sekarang merupakan….
a. Teater kontemporer
b. Teater modern
c. Teater tradisi
d. Teater tubuh
e. Teater Barat
28. Berbagai gerakan muncul dalam seni pantomime berdasarkan asal usul
gerakan dari dasar pembentuknya berikut berbagai gerakan yang populer
dalam seni pantomime....
a. Stakato, elastis, realis
b. Elastis, realis, monwalk
c. Realis, breakdance, stakato
d. Elastis, breakdance, monwalk
e. Monkwalk, elastis stakato
29. Kesuksesan teater modern salah satunya dipelopori oleh tokoh-tokoh
yang konsisten dan terus berkarya antara lain....
a. Ws rendra, Putu Wijaya, Tony Broer
b. Putu wijaya, arifin c noer, Tony Broer
c. Tony broer, Teguh Karya, WS Rendra
d. Hb Jasin, Putu Wijaya, WS Rendra
e. Riantiarno, putu wijaya, WS Rendra
30. Orang yang bertanggungjawab pada satu bidang bagian dari tata
artistik mengenai sirkulasi setting dalam panggung selama pertunjukan
berlangsung....
a. Crew panggung dan stage manager
b. Sutradara dan crew panggung
c. Hause manager dan dekorasi
d. Stage manager dan dekorasi
e. Sutradara dan pimpinan produksi